6 Tips Produktif yang Wajib Kamu Kuasai!

Bagaimana caranya agar lebih produktif? Simak 6 tips produktif berikut ini agar pekerjaanmu lebih efektif dan efisien!

, , , , , ,

By.

min read

6 Tips Produktif yang Wajib Kamu Kuasai!

Sudah berusaha mengerjakan semuanya tapi sering merasa kurang produktif? Well, perlu diingat bahwa salah satu skill yang wajib kamu kuasai adalah manajemen waktu yang efektif. Skill ini enggak hanya bermanfaat untuk bekerja dan belajar aja, tapi juga sangat impactful untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Hal ini tentu bukan tentang seberapa banyak waktu yang kamu miliki, tapi seberapa efektif caramu mengatur waktu.

Agar manajemen waktumu lebih efektif, sini Nanas bisikin 6 tips produktif yang perlu banget untuk kamu kuasai. Simak sampai akhir, ya!

Tips Produktif: Fokus pada Sistem

Tips produktif yang pertama adalah, fokuskan pikiranmu pada sistem alih-alih pada tujuan. Ada perbedaan yang sangat mendasar tentang sistem dan tujuan. Tujuan adalah sesuatu yang ingin kamu raih atau capai, sedangkan sistem adalah proses dan hal-hal yang bisa membuatmu mencapai tujuanmu.

Instead of fokus pada tujuan, lebih baik pikirkan tentang cara agar kamu bisa mencapai tujuan itu. Fokus pada sistem akan membuatmu berpikir kritis tentang step atau langkah mana yang akan kamu gunakan agar tujuan bisa tercapai secara efektif.

Buat Daily Highlight

Tips produktif yang berikutnya adalah, buatlah daily highlight tentang hal-hal apa saja yang telah berhasil kamu lakukan. Setiap hari, tentukan satu hal yang ingin kamu tuntaskan. Jika kamu sudah menentukannya, maka fokuslah pada hal itu saja. Enggak perlu muluk-muluk mau mengerjakan banyak hal, karena itu justru akan memecah fokusmu. Bisa-bisa nanti kamu malah enggak nuntasin apa-apa deh.

Cukup satu tujuan untuk satu hari, kamu akan jadi lebih produktif. Bayangkan jika kamu berhasil menuntaskan sesuatu dalam satu hari, maka berapa banyak yang bisa kamu tuntaskan dalam setahun? Banyak, kan?

Tips Produktif: Percepat Konsumsi Konten 

Berikutnya, cobalah untuk mempercepat konsumsi konten dalam kecepatan 2x lipat. Misalnya, menonton TV atau video dalam 2x speed, atau membaca artikel secara skimming dan scanning. Bayangkan apa jadinya jika kamu mampu mengonsumsi konten dengan lebih cepat daripada yang lainnya. Double speed, double juga informasi yang kamu dapat. Bagi para digital marketer, tips produktif ini wajib banget kamu coba!

Delegasikan Tugas

Kepayahan karena tugasnya enggak selesai-selesai? Well, kamu bisa coba delegasikan saja tugas tersebut ke orang lain atau anggota lain di tim kamu. Punya kerjaan yang numpuk-numpuk itu justru bikin kamu kehilangan mood dan aspirational rate. Ujung-ujungnya, bisa bikin stres. Jadi, lebih baik kamu manfaatkan anggota tim lain untuk bantu selesaikan kerjaan itu. Atau bisa juga kamu hire sumber daya lain dengan T&C yang kamu tentukan.

Time-blocking

Tips produktif yang utama adalah tentang manajemen waktu. Salah satu manajemen waktu yang efektif adalah dengan melakukan time-blocking. Kamu harus bisa tentukan tugas yang akan kamu kerjakan dengan waktu yang kamu atur sendiri. Misalnya, kamu harus mengerjakan sebuah konten yang kira-kira memerlukan waktu 2-3 jam. Maka, dari situ kamu bisa tentukan akan memulai dan menyelesaikannya di jam berapa. 

Nikmati Prosesnya

Last but not least, tips produktif yang terkadang dilupakan oleh orang-orang adalah menikmati setiap prosesnya. Terkadang, orang-orang hanya fokus pada pekerjaannya sampai lupa untuk menikmatinya. Pekerjaan boleh banyak, tapi jangan lupa untuk bawa enjoy aja, ya! Selain bisa bikin kamu lebih rileks, enjoy pekerjaan juga bisa bikin mood jauh lebih baik. Nah, itu dia 6 tips produktif yang wajib kamu kuasai, sobat!

Selain bekerja keras, kamu juga perlu istirahat. Take your time. Ketika merasa lelah, maka itu tandanya tubuh kamu perlu istirahat. Enggak perlu memaksakan. Jangan sampai berusaha produktif tapi justru bikin kamu overwork, ya. Kalau kamu sakit, kamu malah akan membuang banyak waktu!

Selain jadi produktif, kamu juga butuh bacaan untuk belajar ilmu seputar digital marketing. Nanas punya banyak banget nih ilmu yang Nanas bagikan buatmu. Ikuti terus update topik-topik keren dan insightful di sini ya! So, selamat mencoba tips produktif di atas, ya!

Women work photo created by freepik – www.freepik.com