10 Soft Skill yang Wajib Jadi Life Skill Hingga Jadi Job Skill!

10 soft skill yang harus kamu improve jadi life skill bahkan jadi job skill agar karirmu terus meroket dan sambut cuan lebih banyak. Cek di sini ya!

, , , , , , ,

By.

min read

10 Soft Skill yang Wajib Jadi Life Skill Hingga Jadi Job Skill!

Soft skill adalah kemampuan diri meliputi hal-hal yang berkaitan dengan kepribadian seorang individu. Ada banyak soft skills yang dapat sobat Nanas kuasai untuk meningkatkan kualitas diri. Di antara soft skills tersebut, ada yang wajib kamu terapkan juga sebagai life skill, bahkan job skill karena dapat bantu kamu mengumpulkan pundi-pundi cuan! Apa aja sih?

1. Marketing

Skill yang satu ini emang enggak perlu diragukan lagi, ya. Kalau kamu menguasai marketing, maka otomatis kamu menjadi pribadi yang lebih kompetitif. Kamu bisa belajar untuk mempromosikan pekerjaanmu kepada khalayak ramai. Tanpa marketing, maka many businesses wouldn’t exist.

2. Copywriting

Selain marketing, ada satu lagi skill pondasi dalam bisnis, yaitu copywriting. Skill ini nantinya dapat membuat kamu menjadi seseorang yang bisa menjual sebuah produk atau jasa hanya dengan tulisan. Skill satu ini cukup rare karena tidak semua orang itu bisa menulis. Tenang saja, karena copywriting adalah soft skills, maka ia tetap dapat dikuasai oleh siapapun, termasuk kamu.

3. Programming

Dunia saat ini sedang berada dalam era digital yang akhirnya menuntut semua aspek kehidupan untuk bertransformasi. Nah, di tengah gempuran digitalisasi ini, programming menjadi skill yang sangat menguntungkan. Eh iya, skill ini banyak dibutuhkan oleh hampir seluruh perusahaan lho!

4. Search Engine Optimization (SEO)

Bisa bikin website tampil sebagai hasil pencarian utama di laman Google, perusahaan mana sih yang enggak mau? Dengan skill SEO, kamu akan punya kesempatan besar untuk terjun ke dunia marketing yang powerful, low-risk, dan high-reward.

5. Affiliate Marketing

Kamu pasti sudah enggak asing dengan job skill satu ini. Affiliate marketing dapat menambah side income kamu. Dengan hanya bermodalkan handphone dan link toko affiliate, kamu bisa belajar untuk membangun bisnis online berbasis internet marketing.

6. Soft Skill Creative thinking

Soft skill satu ini adalah kemampuan untuk come up dengan ide-ide yang bold, fresh, dan berpotensi untuk menggapai kesuksesan. Fungsi creative thinking untuk job skill dapat bermanfaat di segala macam bisnis. Perlu kebiasaan dan brainstorming berulang kali agar skill ini dapat terasah dengan baik. Biasanya, kamu juga perlu membuka banyak perspektif agar dapat melihat segala sesuatu dari berbagai sisi.

7. Soft Skill Networking

Skill ini bisa jadi salah satu life skill yang perlu kamu terapkan jadi job skill. Kemampuan komunikasi yang bagus bisa membuat dirimu punya networking atau channel yang luas. Kamu akan punya kesempatan lebih besar untuk bertemu orang-orang yang potensial, bisa rekan, pelanggan, atau bahkan partner bisnis juga, lho!

8. Design

Skill desain adalah skill yang dianggap hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja, tapi kenyataannya enggak gitu, ya. Siapapun bisa mendesain, asal ada kemauan dan ketekunan. Mempelajari desain untuk job skill dapat membuat sebuah produk stand out dan memorable di masyarakat luas.

9. Video editing

Well, zaman sekarang enggak bisa dipungkiri lagi ya kalau apa-apa tuh jadi beralih ke video! Nah, skill video editing ini dapat sangat berguna karena banyak perusahaan yang pasti membutuhkan video untuk branding produk, promosi jualan, dan sebagainya karena dinilai powerful. Kamu pun pasti dibayar mahal untuk hasil edit video kamu dan jadi pro kayak yang Nanas biasa lakuin di sini!

10. Soft Skill Leadership

Being a leader means setting up your team for success. Pemimpin adalah ‘wajah’, sekaligus ‘sasaran’ ketika hal yang direncanakan tak berjalan semestinya. Jiwa leadership adalah sesuatu yang patut dimiliki semua orang, baik sebagai life skill ataupun job skill karena impact-nya sangat besar bagi individu itu sendiri. At least, kamu harus bisa jadi pemimpin untuk dirimu sendiri.

Nah, itulah 10 soft skills yang patut untuk sobat Nanas kuasai. Improve diri sendiri menjadi lebih baik dengan menerapkan skills di atas. Ketika kualitas dirimu terbukti bagus, orang-orang tak akan meragukan kemampuanmu sehingga kesempatan karirmu pun bisa ikut meningkat!

Woman work photo created by wayhomestudio – www.freepik.com