Strategi Konser Coldplay Jakarta Bikin Bisnis Makin Cuan, Kok Bisa?

Konser coldplay Jakarta sudah sukses digelar November 2023 lalu. Ternyata, kesuksesannya ini bisa diterapkan dalam dunia bisnis, lho! Bagaimana bisa?

, , , ,

By.

min read

Konser coldplay Jakarta sudah sukses digelar November 2023 lalu. Ternyata, kesuksesannya ini bisa diterapkan dalam dunia bisnis, lho! Bagaimana bisa?

Konser Coldplay Jakarta yang bertajuk “Coldplay: Music of The Spheres World Tour” memang telah sukses dihelat pada Rabu (15/11/2023) lalu. Namun, konser yang digelar di Stadiun Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) ini masih begitu membekas hingga membuat para penontonnya gagal move on!

Bagaimana mau move on, band legendaris ini membawakan seluruh lagu pada album Music of The Spheres dengan penuh suka cita. Ditambah, aksi panggungnya juga cukup spektakuler! Sampai-sampai, ada penonton yang dibawa ke atas panggung! Jadi tidak heran, jika konser kali ini begitu membekas di hati para penonton baik online dan offline.

Tapi, tahukah kamu bahwa kesuksesan konser Coldplay di Jakarta kali ini juga tidak luput dari cerdasnya sang promotor dalam mengaplikasikan digital marketing? Yap! Dengan penempatan strategi digital marketing yang tepat, tiket Konser Coldplay Jakarta bahkan bisa ludes hanya dalam waktu hitungan menit!

Menilik dari kesuksesan tersebut, ternyata kamu juga bisa mengaplikasikan strategi digital marketing-nya pada bisnis, lho! Dijamin, keuntungan bisnis pun jadi makin manis. Bagaimana bisa? Yuk, simak pembahasan selengkapnya disini!

1. Riset Selera Pasar Sebelum Merilis Pengumuman

PK Entertainment selaku promotor Konser Coldplay Jakarta tidak dengan sembarangan dalam mendatangkan artis-artis mancanegara ke Indonesia karena harganya yang tidak murah. Oleh sebab itu, dibutuhkan riset selera pasar terlebih dahulu. 

Latar belakang Coldplay sebagai band legendaris membuatnya memiliki basis penggemar solid. Hal inilah yang menjadi alasan utama ketidakraguan PK Entertainment meminang Coldplay. Tentu saja, promotor akan berpikir panjang jika band tersebut masih belum punya basis penggemar yang kuat.

Nah, dari konser coldplay jakarta 2023 kamu sudah bisa belajar bahwa penting melakukan riset pasar sebelum merilis sebuah produk. Dalam hal ini, kamu harus terlebih dahulu mengetahui apa yang paling diinginkan oleh pasar yang ingin kamu targetkan.

Selanjutnya, buatlah produk yang mampu menjawab keinginan pasar tersebut. Dan, disinilah peran digital marketing dibutuhkan. Setidaknya, ada beberapa cara riset pasar dalam digital marketing diantaranya: survey, wawancara hingga focus group discussion (FGD).

2. Paham Potensi Target Market

PK Entertaiment juga paham posisi target market. Hasilnya, promotor pun bisa memaksimalkan harga tiket sesuai dengan target marketnya. Diketahui, penggemar Coldplay mayoritas adalah para generasi millennial (kelahiran 1981–1996). Di usia tersebut, beberapa orang pun dianggap sudah berada di puncak karier-nya.

Dari hasil riset singkat tersebut, pihak promotor pun tidak ragu memasang harga tiket konser coldplay Jakarta mulai dari Rp800.000 sebagai harga termurah. Tidak tanggung-tanggung, harga termahalnya mencapai Rp11.000.000. Dan ajaibnya, tiket “mahal” tersebut pun ludes dalam waktu hanya hitungan menit! 

Belajar dari hal tersebut, pemahaman mendalam tentang latar belakang target market akan membuat kamu jadi lebih mudah menentukan harga produk. Hasilnya, tentu saja bisnis jadi makin cuan!

3. Cerdas Memaksimalkan Target Market dan Tren

Setelah mengantongi target market, pihak promotor dengan cerdas memaksimalkannya. Contohnya adalah pelibatan musisi asal Indonesia untuk memeriahkan konser (Rahmania Astrini dan Maliq & D’Essentials) hingga memaksimalkan tren-tren yang sedang viral di dunia media sosial.

Saat itu, tengah viral di media sosial tentang ungkapan, “boleh pinjam seratus?”. PK Entertainment pun dengan cerdas memasukkan tren media sosial tersebut ke dalam pantun. Pantun ini pun dibawakan langsung oleh Chris Martin di sela-sela penampilan utamanya saat konser coldplay Jakarta berlangsung.

“Saya punya pantun. Hari Selasa ujian Fisika, yang belajar dia lulus. Apa kabar kota Jakarta. Boleh dong pinjam seratus,” seru Chris Martin yang kemudian disambut riuh para penonton. Dan benar! Momen ini pun jadi salah satu momen yang paling diingat oleh para penonton.

Oleh sebab itu, sebagai seorang pebisnis, kamu harus melek dengan tren yang berkembang di target market. Manfaatkanlah tren tersebut. Dan disinilah the power of digital marketing akhirnya benar-benar terasa! Tren akan membantu bisnismu mendapatkan lebih banyak atensi.

4. Konten yang Konsisten dan Kekinian

Keberhasilan konser coldplay Jakarta juga tidak luput dari kru media sosial yang sangat kreatif. Menjelang pembukaan booking tiket, laman Instagram PK Entertaiment pun tidak berhenti secara konsisten mengunggah tentang informasi detail tiket. Beberapa video pun disisipkan untuk menarik lebih banyak atensi.

Bahkan menjelang konser berlangsung, PK Entertainment pun makin gencar mengunggah konten seputar konser Coldplay. Beberapa informasi berat seperti peraturan konser pun dikemas dengan kekinian sehingga mampu memberikan banyak atensi pada target marketnya.

Dengan penerapan konten yang sesuai tren dengan unggahan yang konsisten inilah, PK Entertainment sukses memberikan pengalaman menonton konser coldplay di jakarta 2023 bahkan bagi para penggemar yang tidak bisa hadir. Dari sini, terbukti bahwa aplikasi digital marketing yang benar mampu membuat brand makin dikenang.

5. Tidak Ragu Menampilkan Ciri Khas

Dalam sebuah konser, adalah hal yang umum jika banyak yang akan mengabadikannya lewat ponsel. Namun, hal yang berbeda diungkap pada konser coldplay Jakarta kali ini. Chris Martin secara khusus meminta semua penonton menurunkan ponsel sejenak saat lagu A Sky Full of Stars dinyanyikan.

Dan, magic! Suasana konser pun jadi lebih magis. Para penonton dibuat terbius dengan euphoria konser yang begitu khidmat tanpa adanya kamera ponsel. Coldplay tidak ragu menampilkan ciri khasnya di tengah gempuran “kebiasaan” yang susah dihilangkan. 

Alhasil, mereka pun berhasil memberikan pengalaman nonton konser yang tak terlupakan bagi para penggemarnya.

Dari sini, kamu bisa belajar, bahwa tidak perlu malu untuk tampil berbeda dan punya ciri khas. Justru, ciri khas inilah yang mampu membuat brand atau produkmu jadi makin bersinar. Tentu saja, dalam praktiknya, ciri khas ini harus selalu diungkap ke khalayak, baik secara tersirat maupun tersurat.

Sebagai akhirnya, salah satu rahasia sukses dari konser coldplay Jakarta adalah penerapan strategi digital marketing yang tepat. Dengan penerapan digital marketing yang tepat, strategi komunikasi pun lebih mudah disusun guna mencapai target market yang sesuai. Dan, kesuksesan inilah yang bisa kamu terapkan dalam bisnis.

Agar penerapan strateginya lebih tertarget, kamu bisa menggunakan jasa digital marketing agency dari Nanas! Kini, kamu hanya perlu duduk manis karena semua urusan digital marketing sudah dipercayakan pada tim-tim terbaik dari Nanas!

Jadi, mau bisnismu sesukses konser coldplay Jakarta? Segera konsultasikan pada Nanas via Whatsapp sekarang juga!

Image by Drazen Zigic on Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *