4 Strategi Sukses Starbucks Jadi Raja di Negara Berkembang, Catet!

Strategi sukses Starbucks memiliki kunci lewat pengembangan produk, pelayanan unggul, dan gerai yang dibuat nyaman di tempat strategis. Simak detailnya di sini!

, , , , , , , ,

By.

min read

4 Strategi Sukses Starbucks di Negara Berkembang - Nanas Today

Sampai saat ini, Starbucks masih menduduki jajaran teratas kopi prestise yang high quality. Saat mendengar namanya saja, kamu pasti langsung teringat betapa harumnya aroma kopi mereka dan suasana tempatnya yang cozy, kan? Seperti yang kamu ketahui, Starbucks sudah punya banyak cabang di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, kedai Starbucks sudah bisa ditemukan di mana-mana, baik di mall kota-kota besar maupun di gerainya sendiri. Bahkan, Starbucks juga sudah mulai buka di beberapa kabupaten.

Kesuksesan ini tak lepas dari strategi sukses Starbucks yang patut diacungi jempol. Penasaran, apa saja strategi sukses Starbucks agar bisa tetap eksis di negara berkembang seperti Indonesia? Ternyata, ada 4 hal yang menyebabkan Starbucks bisa sukses tetap eksis, bahkan menembus pasar di negara berkembang. Apa aja, tuh? Check this out!

Ciptakan Emotional Connection Lewat Pelayanannya yang Top

Strategi sukses Starbucks yang pertama ini memang tampak sederhana. Starbucks mengutamakan experience pelanggan lewat service atau pelayanan yang dilakukan oleh para barista dan stafnya. Hubungan yang terjadi antara barista dengan konsumen kini tak lagi sebatas pembeli dan pelayan saja, tapi bisa sampai ke arah emotional connection.

Para konsumen yang datang akan disambut dengan ramah. Ketika konsumen tampak kebingungan, barista pun akan segera tanggap membantu dan menjelaskan dengan penuh perhatian. Hal-hal detail seperti order name, catatan pesanan, hingga kondisi in-store akan selalu diperhatikan oleh stafnya. Emotional brand yang kuat kayak gini bisa bikin konsumen auto nyaman. Jarang kan, lihat Starbucks punya masalah sama konsumennya? Well, inilah rahasia kuncinya!

Strategi Sukses Starbucks: Genjot Merchandise buat Naikin Loyalty

Strategi sukses Starbucks yang kedua adalah doi memanfaatkan merchandise buat maksimalin loyalty yang didapat. Selain member card, ternyata Starbucks juga memanfaatkan merchandise buat remark. Ketika kamu melihat orang lagi bawa tumbler Starbucks, kamu pasti langsung tahu kalau dia ‘pernah’ beli Starbucks. Begitu juga orang-orang yang beli merchandise-nya, mereka pasti ingin punya remark seperti itu.

Apalagi, dulu Starbucks cuma jual merchandise-nya secara in-store aja. Jadi, konsumen hanya bisa beli merchandise-nya di gerai Starbucks secara langsung. Dengan begini, Starbucks jadi bisa konsisten punya brand exclusive yang oke. Tapi, saat ini strategi Starbucks mulai merambah digital marketing dengan jual merchandise lewat official store Starbucks di ecommerce. Ini adalah bukti bahwa merch mereka banyak diminati oleh konsumennya. 

Strategi Sukses Star ’Marketing’ Bucks

Harga normal Starbucks untuk segelas kopinya memang tergolong pricey dibandingkan toko kopi lokal. “Terus gimana cara agar konsumen dari segmen menengah bisa tetep beli, Nas?” Yup, Starbucks manfaatin strategi marketing lewat promo dan potongan harga yang menarik. Hal ini cukup efektif buat memikat konsumen dari segmen menengah agar tetap mampu beli produk mereka.

Strategi sukses Starbucks untuk memanjakan konsumennya ini bisa dilihat dari adanya Starbucks Reward. Bila konsumen mendaftar jadi member, maka setiap pembelian yang dilakukannya akan mendapatkan Star yang bisa dikumpulkan lalu ditukarkan menjadi Reward. Reward ini bisa kamu tukarkan untuk dapat potongan harga yang menarik!

Ada lagi keuntungan lainnya, yaitu konsumen bisa dapat minuman gratis untuk setiap pembelian tumbler. Yang lebih seru lagi, kamu juga bisa dapatkan minuman gratis di hari ulang tahunmu! Bisa dilihat dari sini, meskipun promo yang diberikan cukup gila-gilaan, Starbucks tetap bisa jualan member card mereka. Konsumen yang pernah dapat promo akan semakin tertarik untuk dapatkan promo lainnya. Alhasil, mereka jadi pelanggan tetap nan setia.

Remarkable Brand

Last but not least, strategi sukses Starbucks yang berikutnya adalah konsistensi mereka untuk ciptakan remarkable brand yang bagus. Logo, produk, service, hingga harga yang mereka tetapkan, terus mereka pertahankan agar brand identity mereka pun bisa melekat erat di benak konsumen.

Pada akhirnya, strategi Starbucks satu ini pun terbukti sukses. Starbucks berhasil jadi top brand minuman kopi prestise dan high-quality yang tetap bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Sampai sekarang pun, gerai-gerai baru Starbucks terus bermunculan. Ini adalah bukti bahwa sales yang mereka capai terus mengalami peningkatan.

Nah, itu dia strategi sukses Starbucks yang bisa membuatnya sukses jualan bahkan di negara berkembang seperti Indonesia. Bagi kamu yang punya bisnis coffee shop, bisa banget nih untuk mencontoh strategi marketing seperti yang dilakukan Starbucks!

Restaurant service photo created by tirachardz – www.freepik.com