Apakah kamu tertarik untuk terjun dan berkarier di dunia digital marketing? Yup, digital marketing saat ini memang sedang digandrungi karena pekerjaannya yang asyik sekaligus dipenuhi oleh anak-anak muda. Tapi, tahukah kamu kalau digital marketing adalah sebuah semesta yang luas?
Ada jenjang karir di digital marketing yang membentuk sebuah ekosistem terstruktur. Divisi atau tim digital marketing dalam sebuah perusahaan terdiri dari susunan lebih kecil yang saling terhubung satu sama lain dalam sebuah garis, seperti misalnya garis tanggung jawab dan garis koordinasi.
Level di Digital Marketing
Secara garis besar, tingkatan atau level dalam divisi digital marketing dibagi menjadi tiga, yaitu Specialist, Lead, dan Manager (Generalist). Manager adalah level tertinggi dalam struktur organisasi. Ibaratnya, Manager ini adalah bos levelnya digital marketing. Lalu, Lead terhubung dengan Manager dalam garis tanggung jawab. Lead bertugas untuk memimpin tim bidang dan bertanggung jawab langsung pada Manager. Kemudian, Specialist adalah ahli dalam tim bidang yang dipimpin oleh Lead.
Bidang di Digital Marketing
Bidang dalam digital marketing yang dipimpin oleh seorang Lead ini punya variasi dalam setiap perusahaan. Meskipun tidak selalu sama dalam perusahaan, secara umum tim bidang dibagi menjadi empat, yaitu Social Media Team, Content Team, Paid Media/Performance Marketing Team, dan SEO Team. Di beberapa perusahaan, ada tim yang dilebur menjadi satu, misalnya Social Media & Content Team.
Di dalam tim bidang nantinya masih ada Specialist yang sempat disinggung sebelumnya, Strategist, Admin, dan Analyst. Sekali lagi, sesuai kebijakan setiap perusahaan, pembagian ini bisa berbeda-beda tergantung kebutuhan dan kemampuan perusahaan, ya. Ada beberapa yang meleburkannya, ada juga yang menghilangkannya.
Perusahaan yang tergolong skala kecil hingga menengah, biasanya punya struktur tim digital marketing yang sederhana. Hal ini dikarenakan budget yang terbatas, sehingga jumlah orang di dalamnya pun ikut dibatasi, sobat. Biasanya, jenjang karir di digital marketing perusahaan kecil hingga menengah terdiri atas:
- Director
- Manager
- Social Media & Content Specialist
- Digital Marketing Specialist (SEO, SEM, Influencer, FB ads, IG ads, email marketing)
- Graphic Designer
Posisi seperti Manager terkadang tidak ada dalam struktur organisasi perusahaan berskala kecil. Jadi, para Specialist langsung bertanggung jawab dan lapor kepada Director. Sedangkan dalam perusahaan berskala besar, jenjang karir di digital marketing menawarkan lebih banyak variasi. Misalnya seperti berikut ini:
- General Manager Marketing (GM)
- Vice President Marketing (VP)
- Marketing Director
- Social Media Lead
- Social Media Strategist
- Social Media Specialist
- Social Media Admin
- Social Media Analyst
- Content Lead
- Content Strategist
- Content Specialist
- Graphic Designer
- Videographer
- Performance Lead
- Performance Marketing Specialist
- SEO Lead
- SEO Specialist
- SEO Content Writer
Meniti Karir di Ranah Digital Marketing
Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mengambil bagian dari jenjang karir di digital marketing? Ssst, sini Nanas bisikin dulu tips meniti karir di dunia digital marketing itu bagaimana. Nah, sebagai langkah awal, setelah niat tentunya, sebaiknya kamu menerapkan dua jurus ampuh ini: tekuni dan perluas.
Pertama, kamu harus benar-benar menekuni apa yang telah kamu yakini. Misalnya, kamu menyukai pekerjaan sebagai SEO Writer lebih daripada pekerjaan di Content, Social Media, atau Performance. Nah, kamu harus mulai menekuni pekerjaan SEO Writer ini dengan baik. Pelajari, perdalam, dan nikmati setiap prosesnya.
Setelah menekuninya untuk beberapa waktu, kamu bisa naik kelas ke SEO Specialist. Lama-kelamaan, kamu pun bisa mencapai posisi SEO Lead. Barulah di sini kamu bisa belajar SEO sambil sedikit-sedikit belajar tentang performance marketing. Hal ini memang sangat disarankan karena nantinya akan membentuk T-Shaped Marketer.
T-Shaped Marketer adalah istilah bagi seorang marketer yang mendalami satu bidang, tapi juga memahami yang lain. Ada lagi istilah M-Shaped Marketer, yaitu ketika seorang marketer mendalami beberapa bidang sekaligus. Hal ini sangat bagus dilakukan karena bisa jadi modal buat kamu menjadi Generalist, yang dituntut untuk melihat secara helicopter view.
Sedikit demi sedikit, jenjang karir di dunia digital marketing yang kamu tekuni pun dapat semakin tinggi lagi. Best of luck ya, Sobat Nanas!