Peran Google di kehidupan digital seperti sekarang ini enggak kecil. Google kini seakan jadi one-stop untuk semua permasalahan. Mirip toserba, hampir semua hal bisa ditemukan di Google. Mulai dari memberi jawaban untuk semua pertanyaan, Google juga menyediakan serangkaian fitur Google gratis yang bisa membantu penyusunan strategi digital marketing bisnis. Yup, digital marketing!
Kali ini, Nanas mau spill beberapa fitur Google gratis yang bisa kita manfaatkan untuk urusan marketing duniawi. Beberapa dari tools ini mungkin sudah kalian kenal luar dalam. Tapi, ada juga tools yang mungkin baru ini kamu dengar. Yuk, mari langsung cekidot!
Riset dan gali info pakai Google Public Data dan Google Dataset Research
Hal pertama yang perlu dilakukan saat merencanakan strategi pemasaran adalah melakukan riset pasar. Proses pendekatan dengan pasar yang dituju itu penting. Kita perlu membuat target pasar kita penasaran terlebih dahulu sebelum akhirnya membangun ketertarikan dan mengubah mereka menjadi pembeli.
Oleh karena itu, kita perlu kepo tentang target pasar kita. Apa yang disukai sama mereka? Mereka sukanya main ke sosial media mana ya? Trus, kira-kira produk merek mana ya yang lagi PDKT ke mereka juga?
Untuk cari-cari info terkait hal ini, kalian bisa singgah ke fitur Google gratis: Google Public Data dan Google Dataset Research.
Keduanya mirip tapi berbeda. Lewat Google Public Data, kita bisa mencari tahu data umum dan hasil prakiraan dari berbagai organisasi internasional dan institusi akademik seperti Bank Dunia, OECD, WHO, dan organisasi ternama lainnya.
Sedangkan Google Dataset Research merupakan fitur yang membantu kita mencari dataset yang di-hosting di repository dalam web. Konon katanya, ada setidaknya 25 juta dataset yang tersedia di Internet. Google Dataset Research yang dilengkapi dengan fitur filter bisa membantu kita mencari dataset dengan cepat dan gampang.
In other words, kedua fitur Google gratis ini sumber data legit, no kaleng-kaleng. Jadi, tools Google ini akan sangat membantu riset pasar untuk menentukan strategi marketing!
Fitur Google gratis, brainstorming pakai Think with Google!
Nanas juga rekomen fitur Google gratis lainnya, terutama kalian para digital marketer, untuk cek secara berkala Think with Google.
Memang ada apa saja sih di Think with Google, Nas? Ada artikel-artikel yang bisa bantu kita update dengan tren dunia. Ada ragam artikel terkait perkembangan digital marketing, pasar dunia, dan tentunya strategi marketing. Think with Google juga mengulas tentang kebiasaan konsumen dan perubahan yang mungkin ada. Enggak jarang juga tim Think with Google melakukan interview dengan orang-orang ternama.
Masih banyak lagi konten yang disediakan tim Google lewat Think with Google. Yang jelas, Think with Google ini cocok banget buat tetap up-to-date dengan perkembangan dunia dan terus belajar tentang dunia marketing.
Bahkan, Think With Google juga menyediakan tools yang bisa bantu cek website kamu. Ada fitur market finder pula. Lengkap banget pokoknya!
The best part of it? It’s $free.99!
Mulai cari inspirasi pakai Google Trend dan maksimalkan Google Alert
Google Trend ini memang sudah sering kita bahas ya, sobat. Nanas juga bisa tebak kalian pasti sudah hafal persis dengan kegunaan Google Trend!
Yup, fitur Google gratis andalan sejuta umat ini biasa dipakai untuk cari tahu trend yang lagi berkembang. Kita juga bisa membandingkan kata kunci dan melihat persebaran kata kunci tertentu di negara, tempo, serta bahasa yang spesifik.
Nah, Nanas punya nih jurus rahasia biar kalian bisa memaksimalkan penggunaan Google Trends. Pernah dengar tentang Google Alerts belum?
Google Alerts ini bisa kirim kita e-mail alert terkait kata kunci tertentu, tergantung yang kita minta. Terus, apa hubungannya fitur Google gratis yang satu ini buat digital marketing?
Yang jelas, kita jadi lebih cepat tahu dan mudah untuk keeping up with the trends. Dengan mengatur Google Alerts, kita enggak akan kelewatan hot topics dan trending topics no more!
Enggak cuma itu, kita juga bisa lebih mudah memonitor bisik-bisik khayalayak tentang merek, produk, atau perusahaan tertentu. Bisa tentang merek yang sedang kita rintis, yang sedang kita urus pemasarannya, atau bahkan kompetitor sebelah!
Untuk sementara, beberapa tools Google inilah yang bisa Nanas bisa bagikan untuk membantu marketing kalian. Tetap tunggu update Nanas selanjutnya dan jangan lupa untuk follow medsos Nanas biar enggak ketinggalan artikel selanjutnya, ya!