WIP Kenalan Sama AIDA Model Marketing Funnel Yuk!

AIDA model marketing funnel mengajarkan proses dari ketidaktahuan jadi ketertarikan. Bagaimana prosesnya? Simak selengkapnya di sini!

, , , , , , , , , , ,

By.

min read

Kenalan Sama AIDA Model Marketing Funnel Yuk!

Kamu pernah enggak sih, dengar istilah AIDA model? Istilah ini cukup banyak dikenal di kalangan para digital marketer karena merupakan salah satu strategi pemasaran yang kompleks. Kenapa kok kompleks, Nas? Yup, marketing funnel seperti ini adalah model pemasaran yang melalui customer journey yang cukup panjang.

Marketing funnel adalah pengalaman pemasaran yang menjelaskan proses seseorang mulai dari tidak mengenal brand, lalu mengenal, kemudian menimbang, membeli, menilai produk, hingga menjadi pelanggan. Nah, konsepnya AIDA model sama seperti lirik lagunya Ariana Grande, “I see it, I like it, I want it, I get it”. Nyanyi, enggak tuh.

Sebelum kamu membeli suatu produk, konsep AIDA menganggap kamu akan selalu melewati 4 tahap terlebih dahulu, yaitu Awareness, Interest, Desire, dan Action. Awareness adalah tahap pertama ketika kamu melihat iklan produknya di media sosial. Interest adalah tahap ketika kamu mulai tertarik dengan iklannya. Kamu merasa ingin memiliki produknya saat tahap Desire. Lalu, kamu membelinya saat memasuki tahap Action.

“Lah, terus bagaimana cara pakai AIDA model ini, Nas?” Melalui berbagai tahap seperti yang sudah disebutkan di atas, jenis marketing funnel ini dapat diterapkan untuk sales, marketing, dan content writer. Cara pakainya sama seperti segitiga terbalik, dimulai dari Awareness sampai ke Action secara berurutan.

Awareness

Awareness adalah tahap pertama ketika seorang calon pelanggan melihat iklan produk kamu. Nah, kamu sebagai penjual harus mampu memanfaatkan tahap paling awal ini dengan mencari cara agar iklanmu mendapat perhatian mereka. 

Misalnya, A punya bisnis thrifting, pertama-tama A harus memilih media yang sering dipakai oleh para thrift enthusiast. Dari sini A menemukan bahwa Shopee, Twitter, dan Instagram dapat menjangkau para peminat thrift sebanyak mungkin. Dengan memanfaatkan media-media ini, maka kesempatan A untuk berjualan akan semakin besar. 

Interest

Selanjutnya, setelah mendapatkan media-media strategis untuk berjualan, A perlu mencari cara agar promosinya di media tersebut bisa menarik. Tahap inilah yang disebut sebagai Interest. Setelah melalui berbagai pertimbangan dan brainstorming, ditemukanlah cara agar jualan A bisa menarik hati calon pelanggan, yaitu dengan melakukan Shopee Live, Shopee Affiliates, dan Live Shopping Instagram.

Desire

Bagaimana cara agar calon pelanggan yang tertarik tersebut jadi lanjut membeli produk?  Di sinilah AIDA model tahap Desire dimulai. Bagikan promo atau voucher menarik yang disistem limited. Ini akan membuat orang tertarik untuk membeli selama ada tawaran diskon atau istilahnya “False Urgency”. Untuk meluaskan jangkauan urgensi, A membuka Shopee Affiliates lewat Twitter. Melalui Affiliates, produk A dapat semakin banyak dilihat oleh orang.

Action

Memasuki tahap Action artinya kamu sudah berhasil mendapatkan pelanggan yang tertarik untuk membeli produk-produkmu. Di tahap ini, selanjutnya kamu cukup memberikan CTA atau call to action sederhana agar pelanggan-pelanggan yang tertarik tadi beneran beli. 

Misalnya, bisnis thrift milik A tadi. Lewat Shopee Live, A bisa menawarkan baju-baju thrift secara langsung dengan sistem siapa cepat dia dapat. Selain itu, A juga bisa menawarkan voucher gratis ongkir 0 rupiah yang hanya bisa didapat selama live agar pelanggan semakin tertarik beli. Begitu juga dengan Live Shopping Instagram yang sudah dijadwalkan dengan sneak peak baju-baju yang sudah di-upload sebelumnya. 

A tinggal menuliskan atau menyampaikan CTA di akhir seperti misalnya, “diskon 10% untuk 10 pembeli tercepat!”, “voucher gratis ongkir Rp0 seluruh Indonesia untuk pembeli live”, dan sebagainya. That’s it. Kamu sudah mempelajari dan mengimplementasikan AIDA model untuk jualan baju thrift

AIDA model marketing funnel tidak hanya bisa diimplementasikan untuk jualan, tapi juga untuk hal-hal lain seperti pengembangan akun media sosial. Di tahap Desire dan Action, kamu tinggal mengganti CTA-nya menjadi seperti ini misalnya, “follow akun X untuk dapatkan informasi-informasi menarik lainnya”, “subscribe untuk dapatkan notifikasinya, gratis!” dan lain-lain. So, selamat mencoba, sobat!

Increase sales photo created by rawpixel.com – www.freepik.com