Digital marketing memang menjadi salah satu strategi pemasaran bisnis yang paling oke. Berkat digital marketing, para pebisnis jadi bisa menganalisis secara mendalam terkait seberapa suksesnya konten marketing mereka. Nah, dalam proses analisis ini, perlu beberapa macam perhitungan matematis menggunakan formula atau rumus digital marketing agar evaluasi bisa lebih mendetail.
Terus, apa aja rumusnya, Nas? Sst, siapin dulu jurnal atau notes-nya, lalu catat baik-baik beberapa rumus digital marketing berikut ini!
1. Rumur Digital Marketing CTR (Click Through Rate)
Rumus pertama adalah menghitung CTR atau Click Through Rate, yaitu persentase dari berapa kali konten dilihat ke berapa kali konten itu diklik. Misalnya, kamu punya data bahwa iklan kamu telah dilihat sebanyak 10.000 kali dan diklik sebanyak 100 kali. Maka, rumus menghitung CTR-nya adalah seperti berikut.
Rumus: (Jumlah klik/jumlah dilihat) x 100 = CTR.
(100/10.000) X 100 = (1/100) X 100 = 1%.
2. CVR/CR (Conversion Rate)
CVR atau Conversion Rate adalah persentase dari berapa kali diklik ke berapa kali konversi. Misalnya, ada 10.000 kunjungan ke website kamu, tapi yang beli produkmu hanya 100, jadi berapa CVR-nya? Rumus menghitung CVR hampir sama dengan CTR, yaitu seperti berikut.
Rumus: (Jumlah konversi/jumlah klik) x 100 = CVR.
(100/10.000) x 100 = (1/100) x 100 = 1%.
3. CPC (Cost Per Click)
CPC adalah perhitungan harga yang kamu dapat untuk per satu kali klik iklan. Untuk menghitungnya, kamu hanya perlu membagi nilai belanja dengan jumlah klik. Misalnya, realisasi budget seminggu beriklan adalah sebesar Rp1.000.000. Lalu, kamu mendapatkan klik sebanyak 1.000 kali. Maka, rumus CPC-nya seperti ini.
Rumus: Nilai belanja iklan/jumlah klik = CPC.
1.000.000/1.000 = 1.000 per iklan.
Namun, bisa juga rumus ini dibalik ketika yang diketahui adalah CPC-nya. Misal, diketahui dari keyword research tools atau historical performance, CPC sebuah keyword adalah Rp5.000 per klik. Lalu, target klik yang ingin dicapai adalah 10.000 klik. Berapa budget-nya?
Rumus: CPC x target = budget.
5.000 x 10.000 = Rp50.000.000.
4. Rumus Digital Marketing CPM (Cost Per Mille/1.000 Impressions)
Rumus digital marketing selanjutnya adalah rumus menghitung CPM, yaitu harga untuk setiap 1.000 impressions. Jika diketahui realisasi budget iklan sebesar Rp1.000.000 dengan impressions yang didapat sebanyak 1.000.000, maka berapa CPM-nya?
Rumus: (Nilai belanja iklan/impressions) x 1.000 = CPM.
(1.000.000/1.000.000) x 1.000 =1.000 rupiah.
5. Rumus Digital Marketing Engagement Rate
Engagement rate adalah persentase engagement dari satu post dibanding followers kamu. Rumus digital marketing ini dapat juga dibagi dengan reach, jadi bukan hanya followers saja. Namun, memang disarankan untuk dibagi juga dengan followers agar kamu bisa compare dengan kompetitormu.
Rumus: (Like + Comment + Share + Save) atau (Replies + Retweet + Likes)/followers di hari itu.
Jika mau menghitung engagement rate untuk sebulan, tinggal dirata-rata dari semua post.
6. Followers Growth
Rumus digital marketing berikutnya adalah rumus menghitung followers growth, yaitu persentase pertumbuhan jumlah followers dalam satu periode. Misalnya, pada tanggal 1 Juni, ada sebanyak 10.000 followers, lalu saat 30 Juni ada 12.000. Maka, engagement rate-nya adalah 20% dengan perhitungannya seperti ini.
Rumus: ((Followers akhir periode-awal periode)/awal periode) x 100.
((12.000-10.000)/10.000) x 100
(2.000/10.000) x 100 = 20%.
7. Bounce Rate
Bounce rate adalah persentase kunjungan ke website yang cuma buka 1 halaman itu saja dibandingkan total kunjungan. Misal, diketahui ada 10.000 kunjungan, 5.000 di antaranya hanya di halaman depan saja dan tidak lanjut ke halaman lain. Maka, rumusnya adalah seperti di bawah ini.
Rumus: (Kunjungan halaman depan/kunjungan total) x 100
(5.000/10.000) x 100
0,5 x 100 = 50%.
8. Google Analytics
Ada dua rumus Google Analytics yang biasa digunakan untuk digital marketing, yaitu jumlah kunjungan per user (numbers of sessions per user) dan jumlah total halaman yang dibuka dalam satu kunjungan (pages per session).
Rumus number of sessions per user: Jumlah sessions/jumlah users.
Rumus pages per session: pageviews/sessions.
Nah, itu dia rumus digital marketing yang penting banget buat kamu ketahui. Jika kamu bisa menerapkan rumus-rumus di atas untuk mengevaluasi bisnis kamu, maka kamu akan bisa menentukan langkah-langkah selanjutnya agar bisnis semakin meningkat. Selamat mencoba!
Digital marketing photo created by rawpixel.com – www.freepik.com