Salah satu aspek yang mempengaruhi kualitas SEO sebuah website adalah konten yang ditulis. Yup, SEO content writing itu memang lumayan besar pengaruhnya untuk website. Selain memahami kriteria penulisan konten yang SEO banget, bagusnya content writer juga tahu beberapa tools yang bisa ngedorong SEO website. Sebagai sesama content writer, Nanas kali ini mau kasih tahu kalian tools yang berguna banget buat push SEO website yang kamu tulis biar bisa naik ke top rank! Marimas, mari kita simak sama-sama!
Selalu tahu yang lagi ngetrend, riset keyword dulu yuk!
Sebagai content writer, kita perlu tahu juga momen di mana kita bisa atau harus ride the wave. Ombak apaan dah, Nas? Maunya sih bilang ombak surfing di Pantai Kuta, tapi yang dimaksud Nanas sebenernya adalah ombak tren!
Setiap hari, kata kunci yang lagi banyak dicari orang tentunya berbeda-beda. Nah, menulis sesuatu yang lagi banyak dicari orang ini bisa menyumbang clicks yang lumayan juga ke website kita juga.
Di sini, Nanas punya beberapa rekomendasi websites yang bisa kalian coba untuk riset keyword. Ada yang gratis, ada yang berbayar. Kalian bisa langsung cek Google Trends, Ubersuggest, SEMtush, atau Ahrefs.
Lewat website yang Nanas sebutin tadi, kalian juga bisa cari tahu keyword apa yang banyak dicari in general tapi dengan saingan, hingga keyword difficulties, yaitu keyword yang minim dicari orang. Kalian juga bisa lihat negara mana yang volume pencariannya paling tinggi. Jadi, artikel yang kalian ketik pun bisa lebih sesuai sama target pasar kalian.
Yoast SEO, tools SEO penyelamat semua content writer
Udah deh, enggak usah banyak babibu mending kalian langsung minta website manager/project manager/kepala tim kalian untuk pasang Yoast SEO detik ini juga. Yoast SEO ini bener-bener tools yang ngebantu banget buat membimbing kalian untuk mengetik artikel yang SEO-friendly.
Meskipun enggak berlangganan fitur premium Yoast SEO pun, kamu sudah bisa menghasilkan artikel yang cukup SEO-friendly. Makanya, Nanas bilang tools ini cocok dan penyelamat banget bagi semua content writer.
Hindari konten yang sama, cek dan ricek lagi website kamu!
Ketika menulis untuk artikel website yang sudah berjalan lamaaaa banget, penulis biasanya mikir berat. Mikir apaan memangnya, Nas? Mikirin topik apa yang mau diketik, lah!
Memang nyatanya, bikin artikel mengikuti trend itu perlu. Tapi kan enggak setiap hari ada hal baru yang trending dan perlu dibahas. Terkadang juga topik yang trending saat itu terlalu jauh hubungannya sama website yang kita garap. Di saat seperti ini, kita bisa pilih untuk bahas topik yang general alias umum. Masalahnya, kita kan bisa aja kelupaan atau malah enggak tahu kalo konten yang sama sudah digarap apa belum yak.
Untuk itu, Nanas rekomen kalian cek konten yang sudah kalian buat pake Screaming Frog. Screaming Frog ini juga bisa dipake buat menghindari masalah teknis di website kayak link yang rusak gitu, lho. Tools ini pun bisa menandai post yang judul atau meta-descriptionnya kurang SEO-friendly. Mantap enggak tuh?
Review, review, dan review performance SEO pakai tools Google
Artikel sudah diketik, sekarang berarti waktunya santai ya, Nas? Etsss, masa ngetik doang sih sobat. Kita masih perlu evalusi performance SEO kita secara berkala dong. Evaluasinya pake tools yang gampang aja, kita pakai dari Google.
Ada dua fitur Google yang bisa kita pake, Google Search Console dan Google Analytics. Lewat Google Search Console kita bisa tahu performa dan traffic website. Mereka juga bisa bantu membetulkan masalahan yang ada di website kita. Kita juga bisa cari tahu impression ke website kita dan cek ricek konten mana yang membawa audiens datang ke website kita.
Kalau kamu sempat pasang iklan lewat Google Ads, kamu mungkin mau cek lebih lanjut lewat Google Analytics. Google Analytics juga bisa jadi media untuk menganalisis performa dari hasil kampanye marketing, konten, produk, dan lainnya.
Mendalam dan lengkap, cek lewat sederet SEO audit tools
Tools terakhir yang mau Nanas rekomendasiin kali ini adalah tools untuk mengecek keseluruhan website. When it comes to websites, SEO enggak cuma bertumpu pada hasil ketikan content writer. Ada elemen-elemen lain yang mempengaruhi SEO website kita juga. Beberapa elemen ini seperti usability, keamanan, kecepatan website, dan hal lainnya juga punya andil.
SEO audit tools yang bisa kalian coba antara lain SEOptimer, WooRank, dan SEOquake. Tools SEO ini bisa cek keadaan website kita seperti apa. Mereka juga bakal kasih tahu kita bagian mana yang kira-kira perlu perbaikan.
Oh iya, kalian juga bisa coba cek lapak tetangga alias saingan pake tools yang Nanas sebutin juga. Terkadang, kepo-kepo sama performa website sebelah juga berguna lho, sobat. Apalagi website kompetitor dengan bisnis yang mirip. Coba aja pelajari dari kekurangan website sebelah lewat SEO audit tools ini. Kalo misalkan ada yang bisa dipetik dan ditambahin website kalian kan lumayan, hehehe.
Udah ah, gitu aja dari Nanas bahas tools SEO kali ini. Tungguin artikel Nanas Today yang ciamik selanjutnya ya!
Holding tablet photo created by rawpixel.com – www.freepik.com