Macam-Macam Iklan di Google Ads, Pilih yang Mana?

Salah satu cara menaikkan dan memperluas jangkauan brand atau jualan kalian bisa kalian dorong dengan memasang iklan lewat Google Ads. Nah, sebelum kalian mulai pasang iklan di Google, baiknya kalian kenali dulu apa itu Google Ads dan apa saja jenis-jenis Google Ads yang bisa kamu eksplor.

, , , , , , , , , ,

By.

min read

Jenis Iklan Google Ads

Berbeda dengan ketika zaman baheula, pelaku bisnis sekarang punya akses yang relatif lebih mudah untuk memasang iklan. Ya enggak, sobat? Tidak hanya pasang iklan di TV atau koran, kini para pelaku bisnis bahkan bisa pasang iklan di Google lewat Google Ads! Wowowow!!!

Setelah sebelumnya Nanas kasih tahu strategi digital marketing minim budget dengan result menghasilkan cuan dan strategi digital marketing UMKM yang cocok untuk jualanmu, sekarang Nanas kasih tahu salah satu cara mengomersilkan jualanmu lewat iklan digital: Google Ads. Mau tahu enggak ada iklan apa saja yang bisa kamu pasang via Google Ads? Simak di bawah ini ya, sobat Nanas!

Pasang iklan a la-a la billboard mini lewat “display ads” di Google Display Network

Untuk iklan tipe ini, iklan yang ditampilkan berbentuk banner visual. Ya hampir mirip sama billboard, ukurannya juga macem-macem. Ada yang vertikal, ada yang horizontal, ada yang tipis, ada yang lebar.

Iklan jenis display ads ini mejengnya di website yang bekerja sama dengan Google, misalnya Youtube. Pembayarannya berdasarkan CPM (Cost per Mille) atau setiap seribu tayangan iklan ke audience. Makanya, display ads ini lebih cocok untuk mengenalkan atau memberikan awareness tentang brand milikmu ke khalayak.

Video ads: karena Youtube lebih dari TV

Dari namanya saja udah bisa ditebak, ya sobat. Betul! ini ads yang biasa kita lihat di Youtube. Karena Youtube memang kerja sama dengan Google, makanya mereka menyediakan opsi iklan ini. Mirip-mirip dengan display ads, video ads ini cucok banget untuk yang ingin meningkatkan awareness akan brand.

Bedanya, yang paling jelas, ya bentuk iklannya berupa video. Durasi video bermacam-macam ya, sobat. Ada video bumper yang cuma 6 detik, ada juga yang 15 detik. Kalian juga bisa pilih mau ads yang bisa di-skip atau enggak.

Oh, iya. Untuk video ads ini kalian bayarnya berdasarkan CPM atau CPV (Count per View). Sampai sini cukup paham ya, sobat?

Mejeng di Google Search dengan jenis iklan “search ads”, “adwords” atau SEM

Waktu kalian googling sesuatu, pasti pernah enggak sih liat link yang ada tulisannya “Ads” gitu? Nah, brand itu berarti sedang pasang iklan search ads atau adwords atau SEM di Google!

Untuk iklan jenis ini, formatnya memang hanya berupa teks. Tapi kalian bisa tambah extensions seperti alamat, nomor telpon, dan juga headline serta description yang mengundang klik.

Kalau kedua iklan sebelumnya fokus di brand awareness, adwords atau SEM ini bagus untuk menambah traffic ke website kalian. Makanya, pembayarannya pun berdasarkan CPC (Count per Click).

Eh, tapi sebelum kalian melancarkan iklan lewat sini, pastikan kalian research kata kunci dulu pakai Keyword Research Tools ya. Pastikan keywords yang kalian pakai untuk iklan brand kalian punya CTR (Click Through Rate) yang lumayan tinggi. Kalo enggak gitu, nanti enggak ada yang lihat iklan kalian, dong. Beberapa tools yang Nanas rekomen ada Ubersuggest, SEMRush, Keyword Planner. Semuanya dari Google juga.

One click shopping: “shopping ads” untuk iklan bergambar

Untuk kalian yang mau appeal ke audience pakai gambar produk jualanmu, shopping ads inilah jawabannya! Kalian bisa pasang gambar produk yang ingin kalian push di pasaran plus harga produknya juga. Mantap, bukan?

Mirip-mirip sama jenis iklan sebelumnya, shopping ads ini bisa dipakai kalian yang ingin mengundang netizen untuk mampir ke website kalian. Pembayarannya juga sama, berbasis CPC.

Tapi, pengaturannya ini yang membedakan iklan satu ini dengan iklan lainnya. Kalian perlu punya akun Google Merchant Center buat pasang iklan shopping ads. Baru setelah itu kita bisa connect ke halaman e-commerce untuk pasang iklan kita.

Sudah cukup paham kan, sobat Nanas pilihan iklan apa aja yang bisa kamu pilih lewat Google Ads? Atau jangan-jangan sudah kepikiran nih mau pakai jenis iklan yang mana untuk brand kamu? Yang jelas, jangan lupa untuk mempersiapkan dulu konten iklanmu dengan baik serta evaluasi hasilnya secara berkala, ya!

Nah, kalau kamu butuh bantuan orang-orang yang sudah pro handle Google Ads, mulai dari mencarikan keyword, menyesuaikan dengan budget, hingga memasangkan iklannya di Google, Nanas-lah ahlinya! Kamu bisa cek Nanas jago ngapain saja sekaligus dan tanya-tanya di sini ya!

Travel plan photo created by rawpixel.com – www.freepik.com